Selasa, 30 Oktober 2012

Perjuangan YanG Berat Untuk Sebuah TOGA


Assalammmualaikumm wr wb,,, 

Saya akan bercerita Sdkt tntg TOGA sebagai PngeTahuan dan Utk penyemanGat buat Rekan2 mahasiswa lainnya,,y walaupun saya blum mendapatkan Toga,,tpi saya Yakin dlm wktu setahun or Dua Thun ini saya bisa Mndptkannya,,



 

TOGA

Pernah kah kita Berfikir apa itu TOGA,,,yg kita tahu TOGA itu sebuah Pakaian yg dpkai seseorang ketika dia Telah menyelsaikn Studinya di suatu Institusi Akademik.

Sedikit bercerita Tentang Sejarah Toga.
>> Toga berasal dari bahasa latin ‘tego’ mempunyai arti sebagai penutup. Toga merupakan busana orang-orang Romawi; sehelai mantel wol tebal yang dikenakan setelah mengenakan cawat atau celemek. Toga diyakini sudah ada sejak era Numa Pompilius, Raja Roma yang kedua. Toga ditanggalkan bila pemakainya berada di dalam ruangan, atau bila melakukan pekerjaan berat di ladang, namun toga dianggap sebagai satu-satunya busana yang pantas bila berada di luar ruangan.
>> Toga yang merupakan pakaian Romawi kuno ini adalah sehelai kain sepanjang kira-kira 6 meter yang dililitkan ke sekeliling tubuh, dan umumnya dikenakan setelah mengenakan baju berlengan panjang atau pendek yang panjangnya sepinggul (tunik). Toga terbuat dari wol dan tunik kerap terbuat dari linen (salah satu bahan pembuatan pakaian).
>> Setelah abad ke-2 SM, toga menjadi busana khusus pria, dan hanya warga negara Romowi yang diizinkan mengenakannya. Karena menjadi busana khusus pria, maka kaum wanita mengenakan stola (semacam syal). 



>> Mengapa Toga berwarna hitam ? Hitam biasanya dikaitkan dengan sesuatu hal yang misterius dan gelap. Misteri dan kegelapan inilah yang harus dikalahkan oleh seorang sarjana. Dengan memakai warna hitam, diharapkan para sarjana mampu menyibak kegelapan dengan ilmu pengetahuan yang telah didapat selama menempa pendidikan di univesitas. Warna hitam juga melambangkan keagungan. Oleh karena itu, warna ini juga dipilih sebagai warna jubah untuk hakim.

>> Lalu,apa makna bentuk persegi pada topi toga? Well,sudut-sudut tersebut melambangkan bahwa seorang sarjana dituntut untuk berpikir rasional dan memandang segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Filosofi lainnya, kuncir tali di topi toga melambangkan tali pita pembatas buku. Dengan pindah tali, diharapkan para wisudawan terus membuka lembaran buku supaya ilmunya tidak berhenti setelah lulus. 
 
>> Selain daripada makna sakral yang terkandung dalam sebuah toga, kuncir akademik juga memiliki makna. Dalam prosesi wisuda, sebelum secara resmi dilantik menjadi seorang sarjana, kuncir akademik berada di sisi yang berlawanan dengan toga yang dipakai oleh jajaran dosen, guru besar, dekan, serta rektor yang hadir dalam wisuda. Ada prosesi pemindahan kuncir, ke arah yang sama dengan topi yang dipakai staf akademik (biasanya ke arah kanan), dengan makna proses perjalanan seorang sarjana dari awal hingga kelulusannya
 
TAHUKAH ANDA BAHWA TOGA ITU PRODUK ASLI ORANG ISLAM ??
 
>> Kebanyakan orang menyangka bahwa toga merupakan sebuah produk budaya dari peradaban Barat. Padahal, tahukah antum, toga merupakan warisan dari peradaban Islam yang agung di masa lalu. Toga merupakan pakaian yang diberikan oleh universitas-universitas Islam Andalusia bagi para penuntut ilmu di dalamnya yang telah dinyatakan berhasil lulus dari tempat tersebut. Ketika itu, para penuntut ilmu di universitas Islam Andalusia tidak hanya berasal dari kalangan Muslim. Banyak orang-orang non-Muslim Eropa yang juga menuntut ilmu di situ. Mereka adalah orang-orang pengagum peradaban Islam dan mencoba menggali ilmu di sana agar bisa dimanfaatkan di negerinya masing-masing. Ketika mereka telah lulus dari unversitas-universitas Islam tersebut, mereka kembali ke negeri mereka dengan sambil mengenakan pakaian toga. Mereka adalah orang-orang yang dibanggakan oleh bangsanya karena telah berhasil menuntut ilmu di unviersitas Islam. Dan toga, merupakan salah satu tanda bahwa mereka telah berhasil lulus dari universitas terbaik di masa itu. Subhanallah…
Walaupun toga yang kita kenakan sewaktu di wisuda saat ini tidak langsung berasal dari universitas-universitas Islam di Andalusia, kita masih bisa tetap bangga terhadap produk kebudayaan Islam kita ini. Sebuah peninggalan dari sebuah peradaban agung yang berhasil memimpin dunia dalam waktu berabad-abad lamanya. . . yang kini sedang tidur dan menunggu untuk dibangunkan kembali oleh ummatnya. Tidak mudah untuk mengembalikan kejayaan Islam seperti masa itu lagi. Namun juga bukan berarti tidak mungkin. Yang seperti itu hanya bisa dilakukan oleh Muslimin yang mempunyai kebulatan ‘azzam dan kelurusan akidah, serta kesatuan langkah perjuangan,
Insya Allah.


Bisa kita lihat seberapa bangga nya orang tua dan keluarga kita ketika kita telah lulus dan mengenakan sebuah Toga..karena untuk mendapatkan sebuah Toga itu bukan hal yang mudah,,banyak materi ,waktu ,pikiran dan tenaga yang dikorbankan..




Oleh sebab itu,,buat rekan2 mahasiswa sekalian,,,mari kita Semangat dan bersungguh-sungguh mengikuti semua Mata kulyah agar kelak kita mendpatkan iLmu yang banyak dan bermanfaat dan juga untuk mengejar sebuah TOGA,,karena TOGA adalah salah satu kebanggaan tersendiri untuk kita. Karena tidak semua orang bisa mendapatkan nya......

Semoga sukses buat Rekan-rekan mahasiswa ,,amieennn




Terima Kasih untuk para Dosen yang selalu berusaha meluangkan waktu,,tenaga dan pikiran untuk memberikan yang terbaik untuk kami para Mahasiswa.





..Demikian lah tulisan ini saya Buat,,,apa bila ada kesalahan nama dan lain sebagainya,,saya mohon maaf..


Sukses untuk kita semuaa,,,, Hidupp MAHASISWA.....<<<<

wassalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar